Saturday, March 29, 2014

Lost in Hongkong: Part 4

Sudah pada bosen belum sama cerita jalan-jalan gw??? I hope not patients, I still have some more yummy food for you to drool on :)

Menyambung cerita sebelumnya... Jadi setelah mengunjungi Ngong Ping Village, Po Lin Monastery dan Giant Buddha, gw naek cable car lagi buat kembali ke Tung Chung. Nah di Tung Chung ini ada kompleks apartment dan mall yang namanya Citygate. Citygate ini kondang abis dahhhh, ampir semua orang indo yang gw tanya rekomen ke Citygate!! Kenapa??? Karena Citygate ini adalah outlet mall!!!!!!!!! Jadi semua tokonya ngejual barang (even branded goods) dengan harga miring. Jelas aja semua pada panik belanja disono --"

Karena di Ngong Ping makanannya kaga jelas, jadi ampe sore gw belum makan.. Hiks... Begitu sampe Citygate, langsung cari food court dan berkeliaran disana. Ini dia hasilnya...


Taiwan mixed rice (minced pork, pork, egg and tofu)

Gw juga ga jelas ini makanan apa tapi yang jelas daging babi kecap, ya udah lah ya dihabeg aja. Rasanya... biasa aja sih sebenernya, gw wow banget. Yang jelas porsinya gede dan agak overwhelming ya kalo all pork gini.

Pan Fried Kuo Tie and Spicy Sour Soup (30 HKD)

Ini paket lho... Pas mesen gw juga kaga tau ternyata kalo pesen kuotie seporsi include kuah nya semangkok. The kuo tie was good but not great. Soup is also yummy.. Lumayan ngenyangin dan bikin seger karena kuah nya asem. Kuo tie nya kurang meaty dan gurih sih menurut gw tapi yang gw suka itu kulitnya. The perfect consistency.

Nah di Citygate ini surga belanja banget, gw juga dapet sih belanja sedikit disini.. Yang enak adalah disini kan agak pinggiran Hongkong ya jadi hawanya adem en lebi fresh. Udah gitu ga jauh pula dari MTR station jadi kalo mau pulang uda cape jalannya ga jauh :p

Kembali ke Mong Kok area uda malem sekitar jam 10.30 dan jalanan masi rame ajeeeee. Itu sih salah satu yang gw suka dari Hongkong esp this area, the city is very very vibrant and alive! Bayangin aja jem 22.30 orang masi pada ngantri di toko kosmetik... Kaya ga ada waktu laen aja ya buat beli lipstick hehehe


A night in Mong Kok

Karena uda agak malem, gw nyari makan bingung karena uda pada tutup. Sekitar jem 11.30 kayanya... muter muter nemu restoran mie yang namanya Good Fortune, lumayan rame sih.. Langsung masuk!


Braised Noodle with Beef Brisket (43 HKD)

Okay, another noodle with beef brisket. This one is from Good Fortune Restaurant in Mong Kok area. Not far from my hotel... This was actually a foul decision since we didn't enjoy the food here despite the rather expensive price tag. The noodle was just okay... A bit bland IMO and the beef brisket could be more tender. 


Braised noodle with Shredded Pork and Special Sauce (42 KHD)

Ini sebenernya Cha Chiang Mien (kalo versi korea nya jjajyangmyun) authentic mainland china dish. The sauce tastes similar with hoisin sauce and has minced pork in it. We're told to mix the sauce with the plain noodle and then eat it. Hmm.. Too sweet!!! Me no likey..

This post is too short? Well the next one will be a day's story!!! See you on the next post patients :)

Monday, March 24, 2014

Lost in Hongkong : Part 3

Hello again patients!!! I'm back for the thirs installment of Lost in Hongkong series. A little bit of recap, I went to Hongkong for a couple of days last month. So here I am, sharing all the stories and of course.. the Yummy food...

Hari ke 2 di Hongkong, hari Senin. Schedule hari ini adalah ke Ngong Ping Village. Eiitsss jangan seru dulu... belom sarapan bos! Jadilah pagi pagi di hari Senin, gw muter di daerah Nathan Road buat mencari makan pagi... Muter muter muter, setelah muter dan bingung mau makan apa, gw masuk ke sebuah kedai kopi ala Hongkong (yang tentunya penuh sama orang Hongkong asli)

Setelah pengalaman kmrn yang kita disuru duduk semeja sama stranger, kali ini uda ga kaget. Kita didudukin di sebuah meja bulet kecil yang isi nya 4 orang enci enci lagi gosip seru. Berhubung laper... Bodo amat lah yawwww, kita asik aja melototin menu buat mesen.


Milk tea
Milk tea adalah salah satu minuman paling populer di Hongkong. Setiap kita sarapan, pasti ditawarinnyan selalu teh nya sepet abis! Ga kaya thai tea yang cenderung aromatic dan manis, Hongkong milk tea lebih TEH alias pahit tapi creamy.


Instant Noodle Soup with Pork Chop and Luncheon Meat

Yes people yes!!! They serve pork chop as breakfast!!!! Praise Hongkong!!!! Porsi nya guede, kuah nya biasa aja cenderung tawar tapi pork chop nya donk... Yummm.... Ini sih bfast seri premium klo gw liat di menu nya tp ya sudah lah, kapan lagi toh?

Instant Noodle Soup with Pork Chop and Sausage

Sodara kembar nya yang di atas, cuma beda topping doank. Sekedar info, harga makanan di Hongkong tidak terlalu mahal. Untuk sarapan pagi ini, total kerusakan kurleb 50-60 HKD (lupa) jadi sekitar... 90 ribu IDR. Cukup murah kan??

After breakfast, we go straight to Ngong Ping Village. From our hotel in Yau Ma Tei, we have to take the MTR Red Line to Lai King then exchange to Yellow Line to Tung Chung Station. In Tung Chung station, we take a cable car ride to Ngong Ping Village. Skip the glass bottom cable car since it is more expensive. The usual cable car is good enough IMO.


Take a look around and enjoy the scenery... In the middle of the cable car trip, look for the giant buddha statue. It's majestic!!! Anyway, u can hike your way to Ngong Ping but it is something that I would never do, so damn far.


Upon arriving in Ngong Ping Village,  we will be given the souvenir photos they took when we sat on the cable car. Again... Not important..

Ngong Ping Village is a man made mock village, consistings of souvenir shops and cafes. I gotta admit, the souvenirs sold here are pretty. No wonder they charge a lot for them.. If you visit Ngong Ping Village, don't forget the 4D show of the Buddha's life biography. 

Walk along the village, we will reach the Po Lin Monastery, The biggest and most popular buddhist site in Hongkong. You can take the hundreds stair to get closer to the Gigantic Buddha statue. Sorry. but I can't move my legs anymore :p

The Po Lin Monastery is a beautiful monastery, I enjoyed walking around the monastery while burning the insence. Somehow, this activity calmed me down and lift my mood. Super cool!!

Enjoy the fresh air and the beautiful natural surroundings of the monastery before heading back to the busy city once again :) See you in the next post patients.

Sunday, March 16, 2014

Lost in Hongkong: Part 2

Hello again patients! How's ur Sunday? Bet it's aweesommeeeeee

Kali ini kita lanjutkan dongeng mengenai Hongkong Trip kemaren... Sampe mana ya.. How about we start around the trip to Victoria Peak!!!

Setelah istirahat sebentarrrr banget di hotel (maklum masi excited buat jalan jalan), sesuai rencana kita pergi ke Victoria Peak. Dengan pede nya (dan googling terus menerus sebelum pergi) kita memutuskan untuk naik MTR. Gw emank nyusun itinerary sih mau kemana aja dan nulis how to get there (apakah pake MTR, taxi atau jalan).

Victoria Peak adalah salah satu tempat yang selalu direkomen orang kalo mau ke Hongkong, jadi ini sangat teramat populer. Untuk mencapai kesana, naik MTR line MERAH kemudian turun di Central, ambil exit J2. Trust me, kayanya membingungkan ya tapi disono sangat amat rapih dan mudah dimengerti. Jadi all u need to do is read the signs and you wouldn't get lost. Anyway... Setelah keluar dari exit J2, di depan nya ada taman. Lurus aja, dan cari petunjuk jalan untuk menuju Victoria Peak Tram Station. Bole lah foto2 dulu di taman secara cukup keren background nya itu gedung Bank of China yang agak futuristik gitu. Jalan nya... lumayan jauh!!!! Pake nanjak pula... Gw sampe engap jalan nya, maklum orang Jakarta kan kaga hobi jalan kaki ya heheh


Prepare your feet patients!! I went to this place on Sunday and the queue is insane! Gelo antriannyaaaaa, berapa lapis tuh ga jelas.. Sebenernya sih bisa ga usa naik tram, banyak juga taxi yang nawarin, cuma namanya turis kan biar ada memorinya... naek tram ke puncak gunung hihihi


Setelah ngantri kurleb 1 jam, akirnya naek juga. Harga tiket nya 40 HKD/person untuk return. Cukup murah lah... Bisa juga ambil paket buat sky pass (bisa naek ke observation deck khusus) tp gw emank ga ambil karena gw pikir ya buat apa lah, cuma naek 1 lantai extra. Untungnya lagi gw pergi pas winter jadi dinginnnn, nunggu lama dan penuh ga cape cape amat. Tramnya ini naek nya curam abis!!! Agak scary sih tp ya pasti aman. Trus naekkk langsung ke atas bukit. Viewnya keren banget... Hongkong is seriously beautiful.. Lampu lampu dari segala macem gedung kantor en apartment itu keren banget. It's a must see patients.

Sampe di atas, ternyata ada semacem mal gitu deh. Ga terlalu gede dan isinya kebanyakan restoran. Terus bisa jalan2 menyusuri bukit (yang tentu saja rapih dan bersih ga kaya bukit di indonesia), bisa naik sepeda, bisa duduk aja, yah intinya bisa sante sante sambil ngeliat kebawah. Kalo di Jakarta mungkin samaannya puncak pass kali ya, dingin di bukit sambil duduk2. Cuma kalo Puncak itu kok kesannya kumuh dan ga cantik gitu... Setelah muter muter dan kedinginan, akhirnya kita... MAKAN!!! Pilihan jatuh pada... TSUI WAH (rekomen dari Rita )

Restonya kalo di Jakarta tuh kaya... Tawan kali ya. Makanannya ga mahal, porsinya guede dan di semua cabang nya rame. Let's review it one by one patients.

1.  Crispy Bun Served With Sweet Condensed Milk (19 HKD)


Ga tau gw lagi laper ato emank enak tapi ni roti langsung abis! Roti yang agak gendut dengan konsistensi menyerupai roti tawar gerobak dioleh margarin dan di pan fried. Uda gitu di kasih susu kentel manis... Sebenernya sih ini kaya roti bikin di rumah tapi enak deh... Garing, manis dan lembut. Yummy...

2. Baked Pork Chop in Tomato Puree and Prunes (80 HKD)


Intinya sih baked rice... Porsinya ya oloh... makannya sampe susah saking gedenya!! Dari segi rasa, I'd say not bad but not outstanding. Pork great, crispy and juicy. Tomato puree, just okay... need more mozzarela IMO.

3. Pork Curry Rice


This one looks like a Japanese curry but has the taste of Southeast Asian Curry... Again, huge portion. The curry is gooodd, flavorful and spicy, complemented the pork perfectly. The pork was yummyyy. I love how Hongkong pork is thick and juicy but not fatty. Oh so good...

After the fulfilling dinner, kita turun lagi naek tram (yang ngantri lagi sekitar setengah jam) trus balik ke hotel Well, not bad for a first half day in Hongkong :) Let's continue on the next post patients where we visit Hongkong temples.

 

Thursday, March 06, 2014

Lost in Hongkong: Part 1

Hello patients!!!!!!!!!!!!!!! Back with me, dr.B

Recently, I got a chance to visit Hongkong, Macau and Singapore. Since I've been meaning to enjoy life more, I'm going to have more vacation (in Indonesia or abroad) as often as possible, life is too short to be wasted in the comfort of your bedroom right?

I will be writing this blog bilingually, hoping that more fellow Indonesians will read my blog and benefitted from it.

JADI!!! Alasan kepergian kali ini adalah... tiket murah! Yes, God's blessing called low cost airlines. Gw PP Jakarta-Singapore-Hongkong-Singapore-Jakarta habis kurleb 2 million idr, termasuk bagasi. Murah yaaa *joget joget*

Perjalanan dimulai sabtu malam dari Bandara Soekarno Hatta Terminal 2. Gw pilih flight malam jam 22.00 karena pagi nya masih kerja (derita kerja di rumah sakit jadi Sabtu wajib masuk) lalu dari Jakarta, transit di Singapura. Flight ke Hongkong baru jem 7 pagi nya jadi gw ngabisin waktu sekitar 4-5 jam di Bandara Changi Terminal 1.

Sampe di Singapura, kelaparan akut!! Mau beli makan di pesawat mahal berat, nasi lemak dalam kotak aja 12 SGD (sekitar 120.000 idr) mahal benerrrrr... Jadi ditahan tahan, akirnya makan di Changi. Trus nyari tempat buat tidur setelah sebelumnya pijit kaki dulu pake mesin Osim yang ada di berbagai penjuru Changi Airport.

Long story short, I arrived in Hongkong around 11 AM on Sunday. Agak kagum ya sama bandara SG dan HK, ruame abis dan guede banget tapi rapih. Jadi malu ngeliat kondisi Soetta yang agak kumuh...  Sampe lagi lagi kelaparan!!! Secara ya makan terakir jem 2 malem, jadinya jajan sandwich di seven eleven. FYI, sandwich nya yummy banget, Tau dahhh karena laper atau emank enak.

Untuk masalah komunikasi di Hongkong, dari XL (sim card gw) bisa dipake 3 hari free. Tapi gw emank memutuskan akan beli sim card disana. Gw google sih ada tourist sim card yang PCCW tp gw tanya di airport kalo mau beli sim card dimana, orang disana bilang beli di seven eleven. Pas minta di seven eleven, dikasi nya sim card China Mobile Hongkong (CMHK) seharga 80 hkd (bisa buat iphone atau android, tenang aje). Jadi lah gw pake si CMHK ini selama di hongkong. Beli paket internet 5 hari 1.5 GB seharga 40 HKD, ada biaya admin 2 HKD jadi masi sisa 38 hkd di sim card sampai hari ini. Relakan saja demi kenyamanan berkomunikasi di luar negeri. Kalau ada masalah settingan, datengin aja counter nya yang ada di seantero Hongkong. Pas gw sih ada masalah ga bisa nyala internet nya, diganti APN nya jadi CMHK dan langsung nyala.

Selama di Hongkong, atas rekomendasi ie ie Foing, gw tinggal di The Cityview Hotel. Lokasi nya di deket exit A2 MTR Yau Ma Tei, Pitt Street.

Oh ya, sebelum lupa... Untuk kemudahan selama di Hongkong, belilah octopus card (silahkan digoogle untuk tampilan dan harga) Si kartu ini fungsinya mirip kartu flazz BCA atau e-money mandiri cuma lebih sakti!!! Selaen bisa discan cuma dengan nempelin dompet, kegunaan nya pun universal, ga kaya di Jakarta yang setiap bank ngeluarin kartu sendiri. Jangan ragu ragu untuk isi banyak di kartu karena hampir semua tempat bisa bayar pake octopus. Daripada ribet ngurusin receh, pake aja octopus. Bisa jajan di sevel, bayar bus, bayar mtr, beli makanan, ke supermarket dan lain lain.


Anyway... Hotel di Hongkong muahalnya amit amit!!!! Silahkan di cek di Agoda aja... Untuk Cityview ini, harga nya cukup bersahabat dibandingkan hotel lainnya di Hongkong, kamar cukup bersih dan praktis walopun kecil. Pelayanan cepat dan helpful walaupun kurang ramah. I think it's not the hotel but most of the people in Hongkong is rude by Indonesian standard. Jutek, galak dan buru2 semuanya. Lokasi hotel ini menurut gw asik banget. Selaen cuma kira2 10 langkah dari exit MTR, di depan nya ada sevel. Kemudian daerah nya kaya daerah pancoran/glodok gitu yang apa juga ada. Deket mongkok jadi bisa belanja pasar murah, banyak banget resto yang enak dan murah trus banyak jajanan!!! Let's talk food patients!!!!


Seafood Ball, Mini Pork Sausage and Bacon Wrapped Sausage (Around 10 HKD each)

The best one is the bacon wrapped one, yummyfuckinglicious!!! Yang ini gw beli di daerah Mongkok, kebetulan hotel emank deket sono jadi abis check in langsung muter cari makan siang dan snack. Dateng pas hari Minggu jadi rame banget, jalanan penuh orang semua.

 
Cold noodle in sweet and sour sauce with squids, duck's tongue and prawns (Around 5 HKD per topping)

Walaupun rasanya agak aneh karena dingin tp lumayan enak. Yang gw suka adalah lidah bebek nya, kenyal kenyal asik hihi


Beef Brisket Noodle (Around 25 HKD)

This is my first lunch in Hongkong. Masih di daerah Mongkok, puter2 aja di segala penjuru jalan ada makanan menarik yang pengennnn banget dicobain. Nah si warung bakmi ini di gang letak nya, kaya gang sempit daerah kota gitu deh. Ada beberapa meja buat tamu pada makan. Sumpah enak banget!!!! Kuah nya brothy banget, gurih dan harum dengan didominasi wangi pekak. Tau kan pekak, rempah yang bentuknya kaya bintang itu lho... Daging sapi nya lembut banget, bahkan babatnya aja lembut. Gw kaga tau deh direbus berapa tahun tu daging, yang jelas lembut enak dan sedikit berlemak. Perfecto


Fish Ball Noodle (Around 25 HKD)

IMO, enakkan beef versionnya. Don't get me wrong, mie bakso seafood nya itu enak tapi menurut gw sih lebi enak mie sapi nya. Kalo mie baso nya, clear soup dengan kaldu ayam. Baksonya sih yang enak, kenyal garing dan tidak amis sama sekali.

Satu hal yang harus diingat dan diperhatikan, kalo disana makan itu ga semeja 1 tamu. Mgkn karena keterbatasan tempat kali ya... Jadi pas makan disini kan perdana tuh, gw disuru geser gitu ngasi orang laen duduk, dengan terbengong bengong nya gw geser. Kecuali makannya di resto mahal dalem mal gitu, rata2 meja bisa share, apalagi kalo dateng cuma sendiri atau berdua.

Well, that's it for now patients! Lots of yummy food ahead, see you :)