Pages

Tuesday, April 19, 2016

Lost in Japan: Tokyo - Part 3

Post kali ini pake Bahasa Indonesia aahhhh... Walaupun Bahasa Inggris gw pas pas an tp ga tau kenapa lebih demen aja ngeblog pake Bahasa Inggris.. Well coba dikomen plis enakan mana baca nya pake Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris

Post kali ini bakal ngebahas perjalanan keliling Tokyo Hari ke 3, tujuannya adalah ke Tsukiji Fish Market, Ginza dan Odaiba

Menurut hasil google sampe mata sepet, ke Tsukiji Fish Market tuh wajib hukumnya kalo ke Jepang, subuh subuh ngeliat tuna auction terus lanjut brekkie sushi di Sushi Dai atau Daiwa Sushi. Hmm... Ini liburan atau Ospek ya? --"

Gw dengan sukses bangun jam.... 8 (baca: delapan) bye bye tuna auction... Seperti biasa ritual kalo liburan adalah melek trus ngulet ngulet, buka hape, ngulet lagi, cari camilan pagi baru mandi. Yes people, camilan wajib hukum nya yaaa. Lalu karena rencana nya mau brekkie di Tsukiji, jadi nya gw cuma beli sandwich 1 di Lawson. L.A.P.E.R


Perjalanan ke Tsukiji dari hotel ga terlalu jauh. Tentunya dengan pake si app ajaib Hyperdia, langsung ketemu cara nya gimana kesana dan naek apa. Waktu itu gw keluar di Tsukiji Station (Hibiya Line), dari sana ikutin aja arus orang yang mau ke arah Tsukiji semua. Dari exit waktu itu gw nyebrang jalan trus belok kanan, lurussss terus sekitar 2/3 perempatan sampe dehh. Ga mgkn kelewatan lah secara pasar gituuu, tentu nya rame en padet. Nah pas balik, gw baru sadar kalo ada 1 station yang jauh lebih deket daripada si Tsukiji Station yaitu Tsukiji-Shijo Station (Oedo Line). Yah tergantung sama daerah asal kita kale ya deketan mana nya, kalo dari hotel gw emank deketan kalo keluarnya di Tsukiji Station

Masuk Tsukiji, pertama-tama gw ke tempat penitipan tas nya. Muter-muter bawa ransel isi jaket kan males juga ya secaraaa ini rame gituu. Oh ya... Di Jepang tuh banyak banget loker berbayar. Jadi ada loker besi yang dilengkapi dengan tempat koin di seluruh station dan tempat tempat tujuan wisata. Cukup mahal sih, untuk yang ukuran sedang bisa 500 JPY (60.000 IDR) tapi ya murah kali ya menurut orang Jepang secara 500 JPY tuh uang koin haahahah


Nah kemudian kita ngambil map nya dari information centre dan berbekal map itu muter2 lah... Hmm I am not impressed sih, ya apa yang mau dihebohin dari pasar ikan ya? Yah ini Muara Angke versi bersih dan bagus (dan mahal lahhh) Banyak orang wara wiri naek mobil2 golf atau truk pengangkut gitu. Di dalam pasar nya sih ya pasar... berantakan dan becek tapi kaga bau.


Yang seru sebenernya di Tsukiji adalah... JAJAN NYA!!!! Konon si resto sushi yang famous itu bisa antri 3 jam. Nah karena tentu saja gw males (kaki bisa putus dah antri 3 jam) gw milih random sushi bar di deket pasar nya... Ternyata sama ajaaaa, gw dah antri ampir sejam dan antrian cuma bergerak 3 orang. DAN di semua sushi restaurant, antriannya nguler. It's not about how good the food is, it's about supply is less than demand. Turis (domestik dan internasional) semua nya mau makan sushi yang konon fresh sementara semua resto sushi kecil kecil, gimana mau nampungggg

Setelah 1 jam, gw menyerah. BYE! Itinerary bisa rusak kelamaan di Tsukiji.. On the way back, lewat lah jalanan yang banyak jual Omellete en fresh seafood lainnya. Here we go...

 Scallop in Soy Sauce (500 JPY/Tusuk)

Oh God, ini enak BANGETSSSSSS!!!! Scallop nya fresh banget, di blow torch sampe pinggir2nya charred sambil diolesin saus nya. Abis mateng, dicelup ke dalam sausnya lagi. MUST TRY! Kaya lagi makan laut gitu, enak bangettt


Ini gw agak bingung benda apaan. Di cangkang itu ada ikan, scallop sama sea urchin (dan dari denger2 orang pada ngomong disitu ada kantong sperma ikan apa gitu). Cara masak nya juga di blow torch tapi ga terlalu lama, jadi masi rada2 semi mentah. Untuk rasa nya lagi lagi serasa makan laut. Yummmmm


Nahhh karena gagal makan sushi, gw akhirnya beli sekotak ootoro dan tuna di warung pinggir jalan seharga 2000 JPY/6 Pcs. Gilaaaaa gw ga tau lagi deh, yang jual itu ya modelan kaya disini tuh abang2 jual ikan di pasar gitu lho, ga meyakinkan banget lah. Tapi tu sushi.. BEST TUNA I'VE EVER HAD. Bagaimana rasa nya klo gw sukses antri di Sushi Dai ya? Mungkin bisa terbang ke langit...


Di sampingnya itu ada omellete. Di sepanjang jalan Tsukiji, banyak banget yang jualan si omellete ini. Cobain aja satu satu (semua tempat ada testernya) Gw cuma foto 1 padahal ada kali gw nyoba 3 tempat berbeda hahahaha Dan lagi-lagi... SEMUA NYA ENAKKK... DIEEEE. Anget, manis en fluffy gitu. Pas banget buat perut gw yang melilit karena kelaperan

Setelah puas ngisi perut di jajanan road nya Tsukiji, kita pindah ke... Ginzaaa

Hmm sedikit mengenai Tokyo (hasil google mendalam sebelum pergi) Jadi Tokyo ini dibagi ke dalam beberapa ward, kalo ga salah 23 wards. Di dalam ward ini ada beberapa district.. Mgkn ward ini seperti kecamatan di Indonesia ya.. Lalu district itu kelurahan kali yaa. Nah Ginza ini adalah salah satu distrik di Chuo Ward. Ginza district ini cerita nya ada district hits dan mewah. Area mahal lah di Tokyo yang isi nya toko toko branded, cafe cafe hits dan mahal serta resto fine dining.

Tujuan gw ke Ginza selaen buat liat liat (iye iye ga mampu deh belanja di Ginza) adalah gw pengen nyari Henri Charpentier, sebuah cafe yang lumayan famous di Tokyo. Dari Tsukiji gw naek subway (seinget gw cuma pindah 1/2 station naek Hibiya Line) trus sampailah kita di Ginzaaa

Lumayan keren sih dan beda feel nya sama Shibuya. Kalo Shibuya lebih ramai, meriah en overwhelming, Ginza ini lebih elegant and sophisticated. Beda banget lah feel nya, jalan disini sesaat berasa rich and famous gitu hahahaha  Pertama nyampe agak bengong sih, buset ni kaya ga ada orang susah yang lewat. Semua nya high fashion gitu gayanya, sementara gw kaya.... gembel..


Muter muter muter, laper deh.... Bingung mau makan apa karena ga kaya district lain, resto nya di gedung semua dan looks expensive. Eh lagi muter muter, nemu lah itu si Henri Charpentier (HOREEEEE) langsung decide cari makan di sekitaran situ aja biar gampang abis makan mau dessert di Henri Charpentier. Soooo masuklah gw ke sebuah resto di basement gedung kantoran..

Restonya looks exclusive, di basement dan 1 lantai dia semua. Gimmick nya si Edo style dining, jadi suasana jadul jadul gitu. Tempat nya terbagi2 booth yang private jd asumsi gw lumayan high end lah. Nah di Jepang ini kalo makan di resto, lunch nya tuh byk paket hemat, di Tofuro (nama restonya) ini juga begitu. Jadi byk set menu yang menurut gw cukup murah untuk Tokyo.


Set menu nya terdiri dari seporsi gyu tan alias lidah sapi yang di grill dan dibumbuin ala jepang. Dapet nasi, trus soup kerang dan sejenis benda lengket ga jelas yang gw cuma cicipin doank. Taste is good, si gyu tan nya tender and flavorful padahal modelannya ga menarik gitu, tipis dan kering. Tapi ternyata enak hahahaha

Set menu lainnya kaya begini modelnya, main course ikan bakar, pake 2 potong salmon sashimi dan 2 potong omellete. Gw baru inget, rasa nya serupa sama Ootoya di Jakarta (masi ada ga ya tu resto) Typical simple rasa nya, ga neko2 en somehow cukup mengenyangkan walaupun simpel

Nah jadi makan resto di Jepang ga harus mahal. Mengingat ini makannya di dalam gedung di Ginza dan harga 1 set menu nya sekitar 1000 JPY saja, cukup murah kannnn Blm lagi minum selalu gratis dan bisa refill yihaaa

Abis makan disana langsung lah gw meluncur ke Henri Charpentier...


Henri Charpentier itu semacam pattiserie/cafe ala perancis yang jualan utamanya adalah kue2 cantik. Pas masuk ke dalam, tempat nya sih keren ya, maklum soalnya si cabang Ginza ini semacam flagship store nya lah. Mewah dan very french lah, kue kue nya astaga... CAKEGASM!!!! Semuanya lucu lucu dan kaya nya enakkk semua nya. Disuruh tunggu lah sama enci enci jepun dan abis itu kita langsung dianter ke dining area nya di basement, ga pake antri. Ternyata di dalem nya suasana lebih homey dan hangat, full sama ibu ibu sosialita Tokyo dan businessman yang lagi meeting

 

Gw lupa apa nama kue ini tapi kalo ga salah si Napoleon Cake. Kue nya terdiri dari layer layer pastry tipis yang garing dan manis, diantara layer nya custard cream yang sangat lembut, manis nya halus dan aneh nya seger! Trus di luar nya dikasi roasted almond sehingga kalo digigit tuh ada beberapa tekstur crispy sekaligus di dalam mulut trus lidah langsung dibelai sama lembut nya custard cream yang soothing. Oh dear God.. This is how Heaven tastes..


Nah kue berikutnya yang gw coba sudah jelas donk kalo rasa nya green tea ya. Kalo yang ini kaya opera cake tapi rasa green tea. Seperti kue yang pertama, kue ini juga multi layer.. tapi bukan thin pastry layer, yang ini thin sponge cake. Nah itu sponge cake sama green tea paste berseling selingan, sehingga kalo dirasain rasa nya bergantian lembut manis dan empuk, lembut manis dan empuk, begitu terus ampe tu kue ketelen. Personally gw ga gitu suka sih (Not a big fan of gree tea) tapi ya tetep aja untuk ukuran kue mah ini tergolong yummy!


One of the highlight in my Japan trip is this place, so make sure not to miss it guys!

Dalam keadaan sangat sangat kenyang, mulai lah perjalanan menuju destinasi berikutnya.. Odaibaaa

Odaiba ini sebuah pulau/daratan hasil reklamasi. Jadiii lokasi nya tentu saja di pinggir laut dan tempat nya rapih abis (secara ya man made from scratch). Nah buat nyampe ke Odaiba ini gw naek Yurikamome, sebuah line kereta yang fully automated alias ga ada petugas nya. Ibaratnya kaya naek kereta-kerataan anak anak tp ini jauh gituuuu. Buat naek Yurikamome Line, kita harus ke Shinagawa Station dulu (use the Hyperdia app) trus keluar dari station nya en nyebrang ke station khusus Yurikamome (pas di depan nya Shinagawa Station) Buat naek Yurikamome bisa pake IC Card jd tap your Pasmo/Suica card away.

Nahhh trip menuju Odaiba lumayan keren, berasanya kaya naek kereta di taman hiburan gitu. Secara kita menuju man made island jadi semua nya bagus, rapih dan tertata lah. Nah sekarang problem nya adalah memutuskan mau turun dimana... Jadi kmrn ini gw turun di station ke 6 (gw lupa namanya tp yang jelas di depannya Decks Tokyo Beach. Actually ga usah bingung mau turun dimana karena semua station dan tempat di Odaiba terhubung 1 dengan yang lain. How to explain ya... Odaiba ini full of shopping malls, hotel en office. Nah di setiap gedung/shopping malls yang macem macem tema en bentuknya itu terkoneksi satu dengan yang lain tp bukan ground floor. Kaya ada second floor nya yang saling terhubung satu sama lain. Nah area ini yang bikin muter2 di Odaiba nyaman banget karena kemana mana ga usah pake nyebrang, tinggal masuk aja mau kemana. Kaya lapangan gede banget sementara di bawah nya kita itu jalan biasa. Keren yaaaaa, sangat dipikirkan kenyamanan dan kemudahan transport antar gedung padahal beda-beda gedung nya.


Ada beberapa tempat menarik di Odaiba antara lain pantai nya. Kayanya sih pantai ini man made alias buatan tp who cares, the view was awesome! Ada rainbow bridge yang kalo malem kelap kelip romantis gimanaaaaa gitu, ada area pantai yang rame sama anak-anak main, ada beach side cafe buat nongkrong2 pinggir pantai dan ada replika nya patung Liberty yang jadi spot foto favorit disini.


Kemudian buat mal-mal nya, I suggest puterin aja satu-satu. Gw cuma sempet ke Aqua City Odaiba, tidak ada alasan khusus cuma kebetulan abis dari Liberty trus deket sama pintu masuk nya Aqua City ini. Sampe sana pun ga muter2 banyak karena langsung masuk toko Onitsuka (don't miss it, very cheap Onitsuka Shoes di Jepang yaaa) dan gw belanja New Balance (Cheaper around 10-15% dibanding Jakarta, I checked). Mall nya biasa aja sih, enak lah buat muter2 ga terlalu crowded.

Next Destination nya adalah gw nyari patung Gundam! Lokasi nya ada di DiverCity Tokyo Plaza, jalan kaki aja lurus terus dari si Aqua City (di "second floor" nya) lalu bakalan nyampe deh. Keren bangettttt patung Gundam nya, dream comes true deh! Trus kalo malem, di deket patung Gundam nya ada short movie soal Gundam gitu di project ke dinding mal nya, awesomeeeeeee.


Kaki dah mulai encok tp dari jauh terlihat Ferris Wheel. We're in Tokyo, naek kaleeee. Hahahahha agak mahal seinget gw, 1 car nya 2000 JPY kalo ga salah dan muter sekitar 15 menit. Not scary kok asal jangan goyang goyang aja naek nya. Si Ferris Wheel ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia lho. Oh ya, untuk menuju si Ferris Wheel ini gw ngelewatin Venus Fort (shopping mall yang theme nya Venezia) dan Toyota Mega Web (showroom and concept store nya Toyota)

Buat yang bawa anak, Odaiba is a must visit! Complete package deh... Spare one whole day here, sante-sante sambil maen di pantai trus ke mall liat2, main di amusement park nya, naek Ferris Wheel, liat museum2 keren dan Toyota Mega Web. Kaya future city gitu dahhh, nice! Kalo mau pulang, tanya aja orang stasiun yurikamome terdekat lalu naek aja menuju Shinagawa Station. Nah dari sana baru putuskan deh mau kemana :)

Pulang nya dari Odaiba, kaki mau putus, punggung encok dan perut laper. Berhubung udah di Shinagawa Station, jadi nya makan daerah situ aja sekalian exploring sedikit. Karena stamina dah abis akir nya makan di resto sushi yang ga terlalu jauh dari station.

That night dinner was at Sushi Zanmai. Sebuah sushi resto yang packed abis sama orang-orang Jepang (a sign of good food) Kalap jd asal mesen aja kemudian baru sadar kalo ni sushi ternyata tidak murah (padahal tempat nya biasa banget) Mesen ini itu kerusakan kira-kira 2000 JPY per orang




Bingung ya, kayanya semua sushi di Jepang tuh enakkkk. Padahal rasa nya sebenernya biasa aja cuma berasa banget kalo isi nya tuh fresh!

Akhirnya, our third night in Tokyo has ended. Tomorrow, Osaka!!!!

4 comments:

  1. hmm.. u missed to try Luke Lobster and Ichiran Ramen... :)

    Ichiran ramen... salah satu ramen paling enak di Jepang (di Tokyo ada bbrp cabang..) kalo jam makan antrinya sekitar 1-2 jam.... akalin makannya jam 10.30 an... antrinya paling 10 menit aja

    ReplyDelete
  2. Iya @andy junaedi, pas mau antri panjang bangetttt. Well another reason to go back to Japan :p

    ReplyDelete
  3. Kak Andy, bisa tolong info gimana sih cara donlot hyperdia apps?aku udh cari di Ios maupun adroid, kok ga nemu,maklum ...agak gaptek..thx in adv ya utk replynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello @maktraveller... Thanks for visiting my blog

      Actually, nama saya Aris hehehehe

      Buat hyperdia, gw juga ga nemu apps nya di google play store, jadi nya gw pake browser dan buka hyperdia.com :)

      Delete