Saturday, October 09, 2010

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini sebenernya uda perna buka dulu di Pluit tapi ga tau knapa tiba-tiba aja tutup. Nah... Baru baru ini dia buka lagi, di tempat yang sama. Semuanya sama cuma decor nya ada dibedain dikit, ada nuansa bali nya. Dikasi patung-patungan bali gitu di outdoor area nya, ya lumayan lah... hehe Menyajikan makanan khas Bali, gw uda mempersiapkan kalo perut gw bakal menangis setelah gw kasi ni ayam (dan bener aja, pas gw lagi nulis post ini kira-kira 12 jam setelah makan, gw mules!)


The food:
1. Ayam Betutu (Rp. 65.000)



Yummy :) Seekor ayam betutu utuh... Buat yang ga perna makan, ayam betutu adalah cara memasak ayam dengan bumbu-bumbu ala bali, PEDES dan sangat harum. Berbeda sama makanan jawa yang cenderung manis, si ayam betutu ini herb-y banget dengan tingkat pedes yang setara sama masakan manado.  Agak mirip sama ayam buluh tapi ini lebih 'light' rasanya. Ayamnya empuk dan gede.... Kuah nya wangi banget dan mengingatkan gw akan kuah nya konro bakar, ga tau deh bumbu apa yang ngasi bau khas itu. Love it... hehe



Oya, kalo pesen ayam betutu akan dikasi kangkung plecing, kacang goreng, sambal matah en sambel yang merah itu. Sambel matah YUMMY!!!! Oh I love that thing... Pedes and harum, pake nasi panas aja mantepppp

2. Ayam Betutu Goreng (Rp. 65.000)


Nah kalo ini seh kaya ayam goreng biasa.... Wangi seh tapi menurut gw kurang. Kurang gurih dan kurang empuk. Gorengnya agak terlalu kering jadi nya pas digigit tuh alot. Yah.. Buat yang ga bisa terlalu pedes ok lah makan yang ini

3. Sate Lilit (Rp. 2.500/pc)


Sate lilit ini terbuat dari ayam.... Ayam cincang yang dicampur berbagai macam rempah-rempah, ditempelin ke kayu trus dibakar. Enakkk :) Well this one is not the best sate lilit I ever had but it's yummy.

4. Telur Bumbu Bali (Rp. 3.000/pc)


Telur rebus utuh yang dikasi sambel ala bali. Yah mirip telur balado cuma sambel nya kan beda, yang ini agak didominasi rasa bawang merah en cabe rawit gitu. Tidak terlalu pedes :)

I like the food but not crazy bout it... The good thing is the price is affordable. A great place for lunch and dinner with your loved ones :)

Rating: 7/10
Location: Pluit Indah, Jakarta

3 comments:

  1. akhirnya melihat penampakan ayam betutu, liat status orang di FB di twit ngomongin ayam betutu enggak ada penampakannya hihihi!
    eh sate lilit itu sama dengan sate lala/lalat khas madura enggak sih ?! hehehe...

    ReplyDelete
  2. waaaa kangen gua ama ayam betutu.
    dulu pas gua masih sering tugas ke bali, kalo ditanya mau dibeliin apa buat makan siang, gua suka request ayam betutu. :D

    wah kalo gua balik jkt, pasti gua kudu kunjungi nih restoran... :D

    ReplyDelete
  3. @pitshu: wah gw ga tau deh, kayanya sama cuma rasa beda dikit

    @arman: wah makan man, daripada jau jau ke bali hehe

    ReplyDelete