Sunday, August 08, 2010

Chocolate 101

Jadi begini, beberapa hari yang lalu, gw diundang ke sebuah workshop tentang cokelat. Ga tau juga bagaimana caranya mereka dapet email gw yang jelas gw ikut lah ya hehe Diiming-iming free lunch + chocolate tasting, sapa ya ga mauuuuu :p

Si pembicaranya adalah Chef Laurent Bernard dari Singapura. Well dia orang Perancis seh tapi setelah berputar2 mengelilingi dunia, skrg dia menetap di Singapura dan membuka sebuah chocolate bar/cafe yang namanya Laurent Bernard Chocolatier. Selain itu, Chef Bernard adalah Executive Pastry Chef di Meritus Mandarin Singapura.


Acara diawali dengan makan siang di Emilie kemudian dilanjutkan di lantai 2 yang berupa sebuah dapur gitu. Nah... disono si Chef Bernard nya uda siap deh dengan demo coklatnya. Kita dikasi liat film singkat mengenai sejarah dan pemrosesan cokelat sebelum akhirnya diolah di pabrik.

Gw baru tau ternyata buah coklat itu GEDE! Kemudian dikupas, diambil bijinya trus dijemur dan difermentasi. Setelah itu baru deh dikirim ke pabrik pabrik. Oh ya, coklat terbaik diproduksi di Amerika Selatan, gw jg lupa nama tempatnya apa, yah intinya dari latin sono lah ya :p

Setelah sampai di pabrik pun, coklat itu masi diolah dengan dipanggang, digiling dan segala macem keribetan laennya. Ampeeeee jadi ke coklat yang tinggal kita olah menjadi makanan yang yummy itu :)

Nahhh Chef Bernard kemarin intinya mengajarkan dan mendemonstrasikan pembuatan praline dan ganache. Bingung kan apa bedanya? Sebagai orang awam, gw menganggap semua coklat yang dalemnya ada isinya itu adalah praline. Ternyata itu salah besar!!!

Jadi gini, praline adalah coklat yang isinya kacang/buah yang sudah caramelized. Sedangkan ganache itu coklat yg isinya seperti krim, lembek2 gitu. Yah kira-kira gitu dehhhh . Jadi kalo ada sepotong coklat isi nya garing2 kacang gitu, itu praline. Kalo isinya lembek, itu ganache.

Kemudian cara pembuatannya... Sebenernya 2 coklat ini cara pembuatannya sama cuma beda di isinya aja. Coklat yang sudah disiapkan harus melalui beberapa proses perubahan suhu yaitu 45, 28 dan 31. Setelah itu, baru ditaro ke dalam cetakan kemudian didinginkan. Untuk membuat coklat diperlukan ruangan yang bersuhu sekitar 24-25 derajat celcius dan meja marmer. Karena itu, almost impossible buat kita untuk bikin coklat yang yg seperti kita makan itu di rumah. Ribet kannn


Astaga tu coklat buatannya si Chef Bernard.. YUMMYLICIOUS!!! Rasa coklat nya deep banget tapi engga pahit. Begitu digigit tuh ada bau coklat nya sedikit, kemudian pas digigit langsung lumer coklatnya. Lapisan coklatnya tipis banget tapi rasa nya mantappp. Kita dikasi air hangat buat makan coklatnya karena menurut dia, coklat paling bagus dimakan sama aer anget. Untuk ngebilas mulut dari coklat, pake lah air anget dan bukan air dingin apalagi es teh.

dr. B: (dalam hati) Yes Chef!!! --> korban Hell's Kitchen

Kemudia si Chef juga bikin sebuah minuman coklat hangat. Nahh coklat nya dicampur sama susu kemudian dicampur seperti lagi bikin teh tarik gitu. Tujuan nya selaen biar nyampur juga biar smooth gitu minumannya. Jadi bukan pake sendok diaduk nya... Di dalem gelasnya uda disiapin vanilla ice cream, kemudian ditaro coklatnya lalu dikasi fresh cream en roasted almonds di atasnya. Kalo yang ini... YUMMY-FUCKING-LICIOUS!!!!


Seneng bener deh gw dapet makanan enak hahaha plusssss dapet ilmu dikit soal coklat. Heran gw, lagi makan makan aja teteppp dapet diktat. Uda kaya kuliah aje haha :) Thanks Chef for the delightful chocolates :D

Choco-facts by dr. B!!!! Compilated especially for u patients! :)
1. Untuk mengenali coklat yang berkualitas tinggi, lihatlah permukaan cokelat. Apabila coklat tersebut permukaannya berkilau, itu merupakan coklat yang bagus.

2. Praline/Ganache yang dibuat oleh chocolatier berkualitas, dapat ditentukan dari ketipisan lapisan coklatnya. Makin tipis lapisan coklat pada praline, maka akan semakin enak. Hal ini dikarenakan dalam praline/ganache, yang ditonjolkan adalah isinya, bukan coklatnya. Lapisan coklat yang tebal hanyalah untuk menyamarkan kualitas isinya yang kurang baik.

3. Coklat yang pahit bukan berati coklat itu bagus/berkualitas tinggi. Walaupun persentasi nya tinggi, bukan berati itu harus pahit. Kepahitan coklat tergantung dari kualitas biji coklat dan pemrosesannya. Walaupun kadar coklatnya tinggi tapi apabila kualitasnya baik maka tidak akan pahit.

4. Seperti sudah dikatakan di atas, untuk menikmati coklat, teman yang paling tepat adalah air hangat. Air hangat akan membersihkan mulut dan membuat karakteristik coklat semakin terasa.

5. Nikmatilah coklat dengan semua indra perasa. Awali dengan mencium harumnya coklat, kemudian patahkan cokelat sehingga keharumannya makin terasa. Kunyah lah untuk mematahkan kemudian baru kunyah dan lelehkan di dalam mulut. Coklat yang bagus tidak lengket dan akan meleleh tanpa meninggalkan ampas.

6. Pada zaman dahulu, suku-suku di Amerika Selatan menyuguhkan cokelat sebagai minuman para dewa. So get a cup of nice hot chocolate and taste a bit of heaven ASAP!!!

Goody bag

10 comments:

  1. grrr.... u so damn lucky guy... hhahahaha

    ReplyDelete
  2. pengen deh coklat yg campur susu + ice cream.. kyknya coklatnya enak banget.. trus yg choco facts nya itu.. wah ternyata gitu toh.. baru tau.. sangat menambah pengetahuan ttg c-o-k-e-l-a-t ! =D

    ReplyDelete
  3. Huaaaah...can't live without chocolate. kalo aku berada di dapur itu berasa di surga deh...he...he...

    ReplyDelete
  4. Hem, hem, hem. Itu minuman-cokelat-hangat nya. Hem, hem, hem. Mau! >.<

    ReplyDelete
  5. hehehehe iyaaa enak banget tuh minuman coklat. Padahal gw liat cara bikin nya juga gitu2 aja, ga ada bumbu ajaib nan eksotis yang kita ga tau. cuma coklat panas, susu, eskrim, fresh cream en almond. that's it. mungkin the quality of the chocolate kale ya hehe

    ReplyDelete
  6. wawww bikin ngilerrrrr...minuman coklat kalo dari coklat lelehan gini emang sip yah...richhh

    ReplyDelete
  7. Asli sirik abis bisa diundang buat lunch plus ada tutorial coklat. Pssst yg undang ga salah kan, hahaha secara g yg demen makan n bikin coklat dari cooking coklat ga diundang hiks...

    Tapi good info jd tau dah soal karakteristik coklat. Cuma sayang ga bisa life liat bikin praline n ganachenya.. next time di rekam n upload kali ke utube hehehe *usahaaaa ajaaaa*

    ReplyDelete
  8. @ rita: sumpah enakkkk :p

    @ twinsmommy: wah sering bikin coklat yaaa, enak donk :)

    ReplyDelete
  9. ihh enak banget bisa diundang gitu :)) acara nyicip2nya itu loh. :p minuman cokelatnya bikin ngiler tuh.

    ReplyDelete
  10. I love ganache n more drooling with the drink

    ReplyDelete